IT

21.56

  Hello.

Tulisan ini ditulis sebenernya tujuannya untuk menceritakan pengalaman menginstall windows yang lumayan membagongkan menurutku prosesnya. Ku kira dengan mengikuti satu tutorial saja akan membuatku berhasil menginstall windowsnya. Ternyata tidak. Sampai tulisan ini dibuat, aku udah mengalami banyak hal yang bikin stuck.

Beberapa hari ini aku mencoba untuk mengotak-atik 2 laptop, satu laptopku dan satu laptop adekku. Ada beberapa masalah pada kedua laptop itu yang singkat cerita aku putuskan untuk install ulang windows semuanya aja.

Untuk laptopku kuberi nama Laptop A dan untuk laptop adekku kuberi nama Laptop B.

Laptop B case-nya adalah windows 11 yang sudah diinstall menyebabkan laptop lemot sehingga harus di downgrade ke windows 10. Lalu keyboardnya juga perlu diganti setelah dicek berkali-kali ke tempat service di Computa Jogja. Tombol huruf O dan \ eror (repeteadly mencet ataupun gak responsive sama sekali).

Karena kalo masalah keyboard aku gak bisa nglakuin apa-apa, aku mencoba melakukan hal yang bisa kulakukan yaitu mencoba mendowngrade sendiri windowsnya. Aku teringat temenku yang pernah menginstal ulang laptopku menggunakan bootable flashdisk. Jadi aku coba buat bootable disk sendiri bermodalkan membaca artikel di internet dan tutorial di youtube.

Nah, untuk tutorial pertama yang aku ikuti adalah dari sini Cara Install Windows 10 dengan Flashdisk (Lengkap+Gambar) (nesabamedia.com) 

Aku udah ikuti semua langkahnya yang ada disitu. Aku seneng bacanya karena tulisannya jelas, enggak bertele-tele, dan enak dipandang mata karena gak ada pop-up sampah. Tapi ternyata ketika sampe di step yang "select disk 2" sebagai tempat windowsnya diinstall, eh gak bisa dong. Padahal di artikel tutorialnya kayaknya udah semua langkah aku lakuin. Akhirnya aku coba cari pencerahan di youtube.



Beberapa langkah udah kucoba dari beberapa video di youtube berikut

Ketika ada tulisan couldn't create a partition

https://youtu.be/tgQ-KP0Zh8U


ketika ada tulisan insufficient space

https://youtu.be/tgQ-KP0Zh8U


ketika ada tulisan drive 0 partition error

https://youtu.be/o_plJp1ZpJg


Setelah mencoba langkah di video youtube yang ketiga, akhirnya windows terinstall.

Tapi permasalahan enggak selesai disitu. Ketika aku mau partisi pakai partition wizard, drive-nya gak mau dipartisi karena muncul tulisan di app-nya kalo aku proceed partisinya nanti gak bisa nge-boot (karena kalo ngerubah format berarti semua file kehapus, sedangkan drive C dipake buat boot. kalo dirubah format otomatis harus dihapus semua data).


Disini aku berpikir gimana ya caranya. Kalo maksa nge-partisi format GPT aku belum nemu caranya di youtube maupun di google.


Akhirnya aku nemu blog ini yang sedikit memberi pencerahan.

Welcome To My Blog: Cara Membuat Bootable USB UEFI dan GPT Partition Windows 10 dengan Rufus (anasyapialhikmah.blogspot.com)


Aku belum coba sih. Tapi dari sini aku sadar bahwa langkah yang "salah" dari awal adalah sewaktu membuat bootable flashdisk pake app Rufus mesti ngerubah formatnya jadi GPT. Dengan begitu, SEPRTInya harddisk bawaan laptop gak perlu diformat ke GPT.


Jadi rencananya aku mau coba install ulang. Aku lagi nunggu download file .ISO-nya windows 10.


Sebenernya pas searching di youtube, ada cara dimana install windows 10 tanpa bootable disk. Jadi semacam unmount file .ISO nya dan tinggal klick setup untuk menjalankan instalasinya. Cuma udah terlanjur bikin bootable disk pake flashdisk yaudah sekalian aja ya. wkwkwk...

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Facebook

Recent Posts

  • 63 0
  • 52 2
  • 52 2
  • 39 4
  • 28 1
  • 38 0
  • 289 8